Rute pendakian SEMERU...

Yang mencintai terbang burung-burung
Yang mencintai keleluasan & kebebasan
Yang mencintai bumi
Mereka mendaki ke puncak gunung-gunung
Mereka tengadah & berkata kesana-lah Soe Hok Gie & Idhan Lubis pergi
Kembali ke pangkuan bintang-bintang
Sementara bunga-bunga negeri ini tersebar sekali lagi
Sementara saputangan menahan tangis
Sementara desember menabur gerimis
24 Desember 1969
SANENTO YULIMAN

Itu Sekelumit kata-kata yang tertulis di batu puncak, suatu tanda kalau seorang pendaki dah nyampe puncak MAHAMERU. Adalah suatu kata untuk mengenang jasa SOE HOK GIE & IDHAN LUBIS..

Pengalaman ku ketika mau naik puncak mahameru...
Tepatnya hari jum’at, tanggal 25 Desember 2009, aku janjian sama temen sehoby-ku, janjian naik semeru. Sementara gak semudah itu suatu perjalanan berjalan dengan lancar, firasat demi firasat bermunculan. Dari kost berangkat kestasiun naik becak (Rp 10.000,-), nyampe stasiun jam 07-00, langsung beli tiket tujuan stasiun kota baru Malang (Rp 18.000,-). Kereta berangkat jam 7.55 WIB nyampe malang jam 13.30 WIB. Padahal temen-temen dah nungguin dari jam 08 pagi, mereka datang dari stasiun senen jkt. Gelisah dan gak enak bercampur aduk. Saling sms, saling telpon dengan kata yang sama “ bud nyampe sini jam berapa sich, ko lama banget ??? “.. mereka sepakat nungguin aku di alfamart pasar tumpang. Mungkin karena terlalu lama dan bosen nungguin aku, di depan alfamart mereka main gaple domino.. ( hehe, ntar kena grebeg lho..).

Pas nyampe stasiun malang, ujan gede banget. Tadinya rencana mau ngojek ke pasar tumpang, tapi berhubung hujan gede dan lagi ditungguin sama anak2, bahkan tukang ojeknya pun gak ada, akhirnya terpaksa nyarter mobil. Tawar menawar, harga pas, tancap gas.. kesepakatan sama sopir nyampe pasar tumpang (Rp 50.000,-). Padahal sich kalo ngeteng Cuma Rp 8.500,- (stasiun-arjosari Rp. 2.500,- dan arjosari-tumpang Rp. 6.000. Sopir yang aneh,, Mobil butut tapi ngakunya taxi,, huhhhfff cape dech. Dah itu 3x mogok lagi, mogok karena mesin mobil kena air. Untung aja gak disuruh dorong.
Nyampe alfa mart pasar tumpang jam 14.30 wib, disambut dengan wajah2 BT. BT karna lama banget nungguin aku (hehe,,, mafin aku ya kawan2). Aku jadi gak enak banget, blum kenal, tapi dah bikin repot orang. Mobil berhenti, gak pikir panjang, rangsel langsung ku angkat ke mobil jip ( mobil khusus bwt ngangkut para pendaki ke base camp desa ranu pane). Tak lama kemudian mobil jip langsung berangkat. Kurang lebih 5 menit jalan, jib berhenti di tempat ijin pendakian. Disana kita semua melakukan administrasi dicatat tanda pengenalnya dan di kasih asuransi jiwa (pake materai). Karena kurang persiapan, pas disuruh ngumpulin foto copy KTP, Cuma aku aja yang gak punya foto copy KTP nya. Yach,, tambah bingung lagi dech aku. Kalo Cuma aku sich gak papa, nich malah semua temen2 jadi ikut kebingungan, ada juga sich yang cuek gtu. Ucup coba bilang sama penjaganya “ ya dah pak, kalo KTP aslinya saja yang di serahin, gmn pak? Tata ucup (ketua rombongan kita).
“ wah, gak bisa tuch de.. kita gak mau yang aslinya. Kita maunya yg fotocopy nya aja. Terserah mau gmana kalian, kalo gak ada berarti 1 anak gak bisa naik.” Kata petugas jaga.
Bibgung dan ngerasa gak enak banget sama temen2. Dah datang telat, ketambah gak ada persiapan sama sekali. Mungkin mereka dah bosen ngliatin aku kali, muka2 mereka kaya BT banget ngliatin aku. Sampai salah satu temenku ( bang fadli) nyetopin motor yang lagi jalan. Katanya,,“ pak boleh minta tolong gak pak, sebentar aja, ngojek deh gak papa.. !!! niat mo ngojek buat moto copy KTP, tapi gak ada 1pun motor yang berhenti. Ketambah Disitu gak ada angkutan yang lewat. Waduchhh.. Jadi tambah bingung nich..
Hati kecilku bilang, mungkin ini firasat dari ALLOH SWT buatku.. “ sudahlah dari pada begini terus aku mau mutusin Niat bilang sama ucup, biar kalian berangkat aja, aku gak ikut naik gak papa, lain kali aja “. Tapi Alhamdulillah sopir jip mau bantu aku. Dia bilang sama pak penjaga buat pinjem motor dinas dan dibolehin. Langsug aja aku minta temenin sama sopir jip buat nganterin ke tempat fotocopian. Dah dicari kesana kemari, 2 tempat fotocopian nutup tapi tempat yang ke-3 untung masih buka. Selesai foto copy KTP, langsung tancap gas motor win. Disitu aku sedikit agak lega, tapi kalo ngliatin muka temen2 tetep aja gak enak banget.
Administrasi tiket masuk 1 orang Rp. 2.000,-, kamera Rp. 5.000, tenda Rp. 20.000,-. Dan biasanya ditanya mau berapa hari di gunung?. Selesai administrasi, kita lanjutin perjalanan naik jip ke ranu pane, salah satu desa terpencil, terpucuk di kab. Lumajang. Kurang lebih 1,5 jam perjalanan kesana. Sampe ranu pane sekitar jam 15.30. karena sampai sana terlalu sore, jadi kita mutusin untuk ng’camp di basecamp ranu pane. Juga diperkuat adanya mitos “ jangan sampai lewat jembatan merah melebihi waktu maghrib “. ( suatu jembatan warna merah yang terbuat dari kayu yang berada di antara pos 3 dan pos 4 danau ranu kumbolo). Kata orang-orang sana sich mistis gtu.
Semalam sudah terlewati, setelah packing2, jam 10.00 pagi kita melakukan administrasi ulang di basecamp dan langsung berangkat. Perjalanan masih bisa dibilang enak, gak begitu ekstrim. (gimana gak enak, orang dari pos 1 sampe pos 2 masih berupa jalan setapak githu..hehe). Setelah melewati watu rajang, sampelah kita di danau ranu kumbolo kira-kira jam 3 sore (4-5 jam perjalanan dari ranu pane). Karena kondisi agak mendung, kita sepakat buat ng’camp disana. Yach sesuai tujuan kita “ camping ceria “, jadi ngapain buru-buru nyampe puncak, slow aja tapi pasti yang penting tetep CERIA..hehe.
Gak nyangka aku bareng sama orang-orang gokil, aku merasa terhibur banget sama mereka. Walaupun mereka suka ng’baks (ng’ganja) tapi orang2nya asik smua. Mereka gak maksa aku buat ikut nyobain ganja. Sempet sich aku ditawarin, tapi gaklah aku kurang suka sama yang kaya githuan. Malam datang tepatnya malam minggu (26 des ‘09), kita Masak2 sambil ngelawak, berbagi cerita, ditemani indahnya bulan yang dikelilingi gelang2 cahaya, di malam temaram dengan angin sepoi-sepoi tapi dingi banget (hehe...lebai). Dah gak bawa SB lagi, SB ku masih manual nich, make sarung dan sprey kasur. Kedinginan dan gak bisa tidur, itu yang aku alami. Tapi itu juga dah resiko aku sich. Malam ke-2 dah terlewati. Paginya Ada salah satu dari kami ketemu sama temen lamanya ketika naik di gede pangrango seorang perwira ABRI men..!! Mereka ber-3 gabung sama kelompok kita, jadi kita ber-13 orang.
Lepas packing2 kira-kira jam 10 pagi kita lanjutin perjalanan ke kali mati. Start dari ranu kumbolo kita kita dikasih bonus tanjakan, orang2 bilang itu tanjakan cinta. Mitosnya “ kalau kita naik ditanjakan itu sambil nggandeng pasangan (sampe atas gandengan tangan) maka jalinan hubungan cintanya bisa sampai tua, sampe kakek2-nenek2. (haha,, ada2 aja. Mau gimana lagi orang namanya mitos kita bisa percaya atau tidak terserah kita). Emang sich tanjakan itu bener2 indah banget,, tepatnya kaya foto ini...

gb. Tanjakan Cinta

Setelah naik tanjakan cinta, jalan datar sedikit dan kemudian turun ke daerah “ Oro-oro Ombo “ ( suatu padang rumput yang ombo banget/luas banget,dengan luas sekitar 4 Ha ). Setelah lewat oro-oro ombo, kita masuk ke “cemoro kandang “ dan lanjut ke “ hutan jambangan “. Setelah lewat jambangan kita akan nemuin simpangan jalan ( pertigaan ), ke kanan berarti ke arah sumber mani ( sumber air yang ada di camp kali mati) dan kalau lurus berarti ke kali mati.
Sampe kali mati kira-kira jam 2 siang, karena perjalanan ke kali mati kurang lebih 4 jam. Sampe di kali mati 5 orang dari kami pergi ke sumber mani untuk ngambil air, yang lainnya gelar tenda dan cari kayu bakar buat api unggun, anget2 malam.hehe..!!. Di kali mati, berarti Untuk ke-3 x nya kita ng’camp. Semakin atas udara semakin dingin. Malam itu diukur suhunya sampe 10 derajat celcius..huffhh dingin banget !!! tapi Kata orang2 yang sering ke sana, itu mendingan. Kalo lagi musim terang (juni-juli) biasanya suhu mencapai 4 derajat bahkan kadang sampai terbentuk bintik2 salju... ( buzzeetthh, dingin banget ).
Malam ke-3 tlah terlewati sama temen2 yang gokil2, cerita sana-sini sambil ngecengin orang2 yang ng’camp bareng kita disana. Jam 12 malam, kita siap2 buat muncak. Semua persiapan dan bekal kita siapin (senter dan makan minum yang cukup, bahkan kalau ada webingnya dibawa soalnya di perjalanan ada bekas longsor parah). Kenapa sich kok mesti malam2 banget berangkat muncak? Kan dingin banget? Ya karena Peraturan disana, kalo ke puncak mahameru jangan sampai melebihi jam 10 pagi, diatas jam 10 pagi biasanya angin yang membawa gas beracun berupa belerang dari kentutan mahameru (wedus gembel) akan berhembus ke puncak. Jadi kebanyakan orang2 muncaknya pas tengah malam githu. Mungkin dingin dah resiko para pendaki.. hehe. Bisa diperkirakan perjalanan sampe puncak makan waktu 5-6 jam. Untuk sampe puncak, melewati 2 wilayah lagi. Yaitu “ Arcopodo “ suatu daerah yang bisa dibilang rawan banget. Kok rawan sich?.. iyach rawan, karena dulu bahkan sampe sekarang banyak banget pendaki yang meninggal di tempat ini. Di t4 ini juga banyak dibangun batu2 nama bertulis “ IN MEMORIAM “ untuk mengenang para pendaki yang meninggal. Bahkan longsor parah belum lama terjadi.
Jalan terjal, rawan longsor dan kanan kiri jurang. Bahkan pengalaman kemaren salah satu dari tim kita ada yang melihat bayangan putih melintas di depannya. Penghuni sini mungkin. Dia baru cerita ketika dah turun, ketika di ranu pane. Gambaran tempatnya seperti ini...

Gb. arcopodo yang longsor

Setelah melewati arcopodo kita masuk ke “ Cemara Tunggal “. Adalah sebuah pohon cemara yang tumbuh di tengah2 batu merah puncak. Anehnya disini hanya ditumbuhi 1 pohon saja, makanya dinamakan cemara tunggal (Mistis yach.. aneh tapi nyata!!). Nich pohon tadinya digunakan sebagai panduan jalan biar gak nyasar. Tapi sayang sekarang cemara ini dah tumbang terkena longsor, dah mati kering.
....................
Setelah melewati cemara tunggal, Tepatnya hari senin, 28 des ’09, jam 07.00 kita sampe puncak. Tapi ada juga yang sampe puncak jam 08.30 sich. Meskipun kita gak bareng sampe puncaknya, tapi Alhamdulillah kita semua sampe puncak. Merasa bangga dan terharu atas ke agungan ALLOH SWT, itu yang kita rasakan setelah sampe puncak. Kita merasa setitik kecil yang berada di jagad raya yang luas ini. Kesombongan dan ketakaburan langsung ilang begitu saja. Kita merasa makhluk-Nya yang tak punya apa-apa.
Kita merasa puas foto-foto sambil menikmati kentutan wedus gembel mahameru, dikelilingi pemandangan yang begitu luas, begitu indah laut bahkan semua daerah sekitar gunung terlihat smua. Sampe bisa dibilang “gak ada kata2 lagi buat ngungkapin smua itu “ SUBBHANALLOH....

Gb. puncak mahameru

Jam 09.45 kita sepakat buat turun, untuk menghindari hembusan asap beracun mahameru.
Turun sampe kali mati kira2 1,5 jam. Cepet kan,, ya iyalah orang turun, kan tinggal plorotan aja..hehe. sampe kali mati kita sepakat ng’cam lagi, ng’cam untuk yang ke-4 kalinya. Padahal sich kalo langsung turun ke ranu kumbolo atau ranu pane masih bisa, tapi kita gak mau ngangsa githu.. kan sesuai niat kita “ camping ceria “. Hehe...
Esok harinya kita lanjutin perjalanan ke ranu pane dan ngecamp lagi untuk yang ke-5 kalinya. Trus paginya kita lanjutin perjalanan ke “ gunung BROMO “. Perjalanan kira-kira 1,5 jam dari ranu pane sampe gunung bromo, dengan nyarter jip pulang pergi dari ranu pane – bromo – pasar tumpang ( 17 orang, 1 orang kena biaya Rp. 45.000,-).
“ JANGAN LEWATKAN “ Cerita tentang gunung bromo dilanjut ke entri berikutnya...