Perjalanan Hidup aQu...

Senin, 23 November 2009 di 3:53:00 PM

Assalamu’alaikum wm. Wb.

Sebenarnya nich cuma sebuah coretan coba2 aj,, karena q sendiri gak bisa nulis dan gak tau juga mau nulis apa...???
Tapi mungkin gak ada salahnya mencoba...Nich cuma pengalaman hidup aja,,, gak menarik sich, tapi gak ada salahnya juga dimuat dalam entri bloger q...

Langsung aja...
Cerita dimulai dari ketika aku lulus SMK, aku dan kami merupakan lulusan SMK N 2 PURBALINGGA angkatan yang pertama (2005), dengan jumlah lulusan 65 orang,, harusnya sich kita berjumlah 66 orang, tapi salah satu dari kami ada yang menunda kelulusan,,etzz tapi bukan berarti dia keluar ataupun gak lulus karena nilai tidak memenuhi standar nilai 4,50,,, tapi dia berhenti sekolah untuk sementara waktu alias cuti githu... 1 tahun dia cuti. Mengenai sapa dia dan kenapa cuti,,, mungkin akan di muat dalam coretan berikutnya.


Kayak kebanyakan anak2 yang lain,,,senengnya kalau melihat secarik surat dalam amplop yang hanya boleh dibuka oleh orang tua murid,,, surat yang mengabarkan tentang lulus atau tidaknya... bukan sombong sich,, tapi belum di buka amplop itu, aku dan temen2 dah pada main semprot pilok di baju dan celana, yach karena aku optimis sekali kalau aku pasti lulus,,, dan temen2 juga begitu kok. Tapi kacian banget salah satu dari temen deketku bahkan dia sobat karibku... sebut aja TW emang dia dipanggil TW. Ibarat kata, baju celana dah disemprot sama pilok warna-warni,,setelah pulang rumah denger kabar dari orang tuanya yg telah membaca surat kelulusan itu. Ternyata dia salah satu dari 13 siswa yang harus mengikuti ujian perbaikan.. untung aja di ujian itu 13 orang temenku lulus semua termasuk dia... “Syukurlah” kataku.



“LULUS”... disamping seneng juga bingung... kenapa??? Yach Karena harus mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan masa depan...
“Setelah lulus, aku ngapain yach...??? gawe atau kuliah...???”
Hampir satu minggu aku menjawab pertanyaan yang hanya 1 soal itu,,, mungkin bagiku 1 soal itu palah lebih susah dijawab dari pada soal ujian akhir kamaren. Bayangkan 1 minggu aku baru bisa mutusin kalau aku harus ngapa... sedangkan kalau soal ujian cuma 2 jam aku ngerjain dan selesai. Hufttt,, tak disangka ternyata pertanyaan tentang KEHIDUPAN lebih susah dijawab...
Setelah ditimang dan ditimbang tentang mana yang terbaik, ternyata aku mutusin untuk kuliah. Mungkin keputusan ini yang Insya Alloh akan mengubah kehidupanku bahkan kehidupan keluargaku ke arah yang lebih baik. Bayangin aja,,, keluarga besarku, entah itu keluarga dari ayah atau dari ibu, gak ada satupun yang kuliah. Jangankan kuliah, orang ayahku SD aja gak lulus, kelas 2 beliau dah jebol dari SD, yang biasalah pikiran sempit orang2 jadul,,, “ nggo ngapa sekolah, mending kerja bae, bisa nggolet duit sing akeh (buat apa sekolah, mending kerja aja , bisa nyari duit yang banyak, lagian sekolah belum tentu bisa dapet duit banyak.)” Hehe... ku denger kata2 ntu jadi gelengkan kepala, mengelus dada. Tapi Alhamdulillah cerita tentang kisah ibuku bisa sekolah sampai kelas 6 SD. Itu juga sebenarnya beliau pengin nglanjutin sekolah ke SMP, tapi gak bisa karena tersangkut biaya. Mungkin hal ini salah satu alasan kuatku kenapa aku pengin kuliah untuk mengubah kehidupan kearah yang lebih baik dan lebih tertata lagi.

Kadang kehidupan gak sejalan dengan apa yang kita inginkan,,, ternyata setelah aku nyampaein keinginanku ini, ortu gak ndukung karena kendala biaya... “ nek koe arep kuliah, sapa sing arep mbiayani, ramane wis tua, wis ora bisa kerja kaya ganu maning,,, lha biyungmu kiye dagangane wis sepi. Dadi kayane biyungmu ora bisa mbiayani nek koe kuliah...” . ( kalo kamu mau kuliah, siapa yang mau membiayai , bapakmu sudah tua, sudah gak bisa kerja kaya dulu lagi. Kalau ibumu ini jualannya dah sepi. Jadi kayaknya ibumu ini gak bisa membiayai kalo kamu kuliah ). Sepintas kata ibu. Mendengar kata-kata ibu, aku langsung down 100%. Sampai males ngapa2in. Tapi lama2 aku nyadar kalau keluargaku emang keluarga yang gak mampu, jangankan buat sekolah, buat makan aja ortu susah payah mencarinya. Akhirnya aku gak kuliah dulu, tapi bukan berarti kesempatan ini ilang, tapi kesempatan ini hanya tertunda beberapa saat aja karna ku yakin suatu saat aku bisa kuliah.

Aku mulai bingung aku harus berbuat apa, aku harus ngapain untuk mengisi waktu pasca lulus. Kalau aku jadi pengangguran, kayaknya sepet dipandang mata. Tapi Alhamdulillah gak lama kemudian ada info dari sekolah tentang pelatihan diklat pertanian. Pelatihan yang bekerjasama dengan VEDCA Cianjur (t4 dimana aku kuliah), membutuhkan 18 anak untuk dilatih sebagai tenaga lapang yang terampil. Aku masuk dalam 18 orang itu. Pelatihan di desa Serang, kec. Karang Reja, Purbalingga ini semua mengenai pertanian. Buncis prancis, kentang, kubis, bayam, timun, jagung, dll. Dari tanam sampai panen kita dituntut untuk bisa menguasainya, termasuk tanaman strawbery. 

Rencana pelatihan trsebut berjalan 1 tahun dan tahun berikutnya ada penerusnya lagi. Tapi setelah berjalan 6 bulan banyak dari kita yang pada keluar karna gak betah githu... dari pimpinan pelatihan banyak kata iming2 selangit yang gak ada realitanya. Kami terlanjur kecewa dalam hal tersebut. 6 bulan persis aku keluar dari pelatihan dengan alasan aku mau ke jakarta. Mau nerusin usaha kakakku jadi suplayer telur ke restoran2 bahkan keperumahan2. Di kasih ijin atau gak sama pimpinan, aku tetep aja mau keluar dari pelatihan itu. Yang bertahan sampai finish 1 tahun Cuma 4 orang aja. Termasuk Mas Sudarwoto yang sekarang jadi kakak tingkatku. Jadi gini, kan dulu pimpinan pelatihan pernah bilang ntar kalo diklat ini dah selesai, ada yang mau di sekolahkan di VEDCA Cianjur. Dari situlah aku mengenal VEDCA. Sebenarnya sich 2 orang, 1 cewe dan 1 cowo, tapi gak tau kenapa yang cewe palah pulang begitu aja. Padahal sayang sekali lho,,, kapan lagi punya kesempatan gratis kayak githu. Yach namanya orang, jalan pikirannya pasti beda2. Mereka sendirilah yang menentukan kemana mereka harus melangkah menapak kehidupan yang sementara ini.
Mungkin kurang lebihnya segithu, cerita pengalamanku di kampung setelah lulus... sekarang menginjak pengalamanku di jakarta, dimana banyak orang bilang jakarta kota metropolitan...

Banyak orang kampung yang beranggapan bahwa hidup di jakarta tuch bisa dapetin segala-galanya, bisa beli inilah, itulah,, bisa bawa duit banyak, di nanti2 banget kalo dia pulang, disegani sama orang2 kampung,, “wach yang dari jakarta, mana oleh2nya, pasti banyak..”. Tajir abis dech pokoknya. Tapi semua gak seperti itu kok... bahkan menurutku sendiri jakarta itu kehidupannya keras ibarat “Loe- Loe,, Gue- Gue “... hufff.
Suatu dini hari di tahun 2006 aku pertama x menginjakkan kaki di jakarta, dismbut dengan meriahnya ujan deres. Di pasar pondok indah aku nginep, t4 sodaraku yang juga buat domplengan kakakku selama di jakarta. Disitu aku baru tau kalo ternyata kakakku juga masih ngikut sama orang, tak kira dah punya kontrakan sendiri???...hohoho, jadi nambah beban nich dgn kedatanganku. Aku jadi serba bingung, jadi gak enak githu. Tapi mau gmna lagi, orang aku dah di jakarta. Akhirnya aku pengertian dikitlah, aku tiap malam nginep di “emperan ruko” githu. Gak pandang hujan apa gak yang jelas aku tiap malam kedinginan. Aku bisa tidur kalau ruko itu dah nutup, itu aja nutupnya ampe jam 9 malam baru agak sepi,, yach otomatis minimal jam 9-10 aku baru bisa tidur. Kadang juga kalau pasar rame, yach gak pandang siang ato malam yang namanya pasar dah pasti rame, aku tidur ampe jam 12 mlm. Dan sebelum subuh sekitar jam 3 dini hari bisa gak bisa aku harus bangun, gmana gak bangun, orang ruko itu mau dibuka buat jualan. Aku langsung pergi ke mushola, deket pasar buat solat subuh. Setelah dari mushola ampir setiap pagi aku bantuin sodaraku natain jualannya. Jual sayur mayur githu. Mungkin Cuma itu yang bisa ku lakuin sebagai ucapan terimakasih atas tumpangan nginepnya.
Seminggu berlalu aku jalani aktivitas githu, dan aku mulai mikir kalo aku kaya gini terus aku mending di kampung aja. Gak ngrepotin kakak, gak ngrepotin sodara. Aku makan ngutang2 sma warung sebelah. Dengan penghasilan yang gak nentu kakak yg nanggung kehidupanku. Mau kemana2 gak ada duit dan takut nyasar.

Tak lama kemudian ada seorang langganan sayur sodaraku, seorang ibu yang kaya tinggal di perumahan gading hijau pondok pinang. Kebetulan beliau lagi mbutuhin seorang pembantu. Dah lma nyari tpi gak ada yang cocok, tiba2 sodaraku nawarin aku “ mau gak kmu kerja di rumah ibu langganan ku” kata sodaraku. Gak pikir panjang aku lgsung nrima twaran sodaraku itu. Yach itung2 dari pda ngganggur gni trus, mnding aku kerja. Skarang jgn pndang kerjaan itu, tpi yg pnting aku bisa sdikit gak ngrepoti kakakku. Langsung aku kmas2 baju ganti, dan keesokan harinya aku kerumah itu.
Pertma kerja,,, hufff bner2 cape bgt. Pagi bangun jam 04.00 langsung slat subuh, habis itu langsung nyapu lantai atas, lantai bawah. Habis itu langsung di pel.. banyangin rumah gedhe+tingkat setiap hari harus di pel. Habis itu langsung mbersihin mobil, dilap sampe bersih. Trus nyuci pakean, tapi untungnya sich pake mesin cuci jdi sdikit ringanlah ditambah lagi disitu emang dah ada pembantu yang khusus masakdan nyuci+strika. Mbukain pintu gerbang kalo majikan pergi dan pulang, itu yang paling rawan. Kenapa??? Karna kalo smpe boz mau pergi atau datang, aku lagi tidur atau lgi sibuk apa, aku psti kena marah,,,ini nich yg jdi kepikiran trus takut kena marah, jadi susah tidur gtu. Gak lupa juga taman di pekarangan harus di rawat dan di siram... hufff masya Alloh bner2 cape kerja jadi pembantu.

Hari demi hari tlah ku lalui. Seminggu berjalan jdi pembantu ternyata surat lamaran kerjaku yg ku titipin ke kakak, ada panggilan juga. Aku suruh inter view disebuah restoran tmpat kakak ngirim telur dan emang dah langganan. Tepatnya 1 minggu aku langsung cabut dari rumah mewah itu. Aku pamitan sma majikan dan rekan kerjaku dan aku dikasih uang 90.000. yach berapapun jumlahnya aku ttep bersyukur karna itu merupakan gaji pertamaku kerja dijakarta.
Keesokan harinya tes wawancara masuk dan aku bisa kerja di restoran DIM SUM Vestifal. Peeeuugghhh.. cape bener kerja di restoran itu, sampe2 aku mimisan saking tak kuatnya, tapi sama sekali gak ada yang peduli sama aku, gak itu atasan ataupun rekan kerja. Nangis baatin aku dibuatnya. Aku bener2 baru merasakan betapa susahnya cari kerja tuk cari uang tuk makan sehari2. Awalnya ngeluh, dongkol, jengkel,, tapi dahlah gak papa. Positif pikirku, orang selamanya gak disini inih, jalani dengan semangat dan semangat. Akhirnya disitu aku banyak banget nemuin orang2 yang baik banget. Setelah kenal deket aku mulai ngerasa sedikit betah kerja disana.
Hari terus berjalan sampai akhirnya 1,5 tahun aku bisa bertahan kerja di restoran itu. Dengan pengalaman, suka, duka, perih, sedih tlah ku jalani bersama rekan2 kerja yg enak2 orangnya. Dan pada akhirnya ada salah satu temen deketku, temen smk yang emang akrab banget, dan dia juga temen pas aku diklat pertanian. Dia nelpon aku, ngabari kalau di tempat kuliah dia ad pendaftaran mahasiswa baru. Bilangnya di sana juga ad bea siswa dari dikmenjur pusat. Sudarwoto namanya, dia bilang “ bud,, gelem ra ning cianjur ana pendaftaran mahasiswa baru, neng kene juga ana program beasiswa. Jajal bae sapa ngerti koe bisa kejaring. Pendaftaran gelombang 1 bulan juli. Paling lambat tanggal 28, biaya pendaftaran 100.000. koe kan nile ganu pas smk apik2, sapa ngerti koe bisa mlebu.” Gak pikir panjang dan karna emang dari dulu cita2ku pengin baanget kuliah, aku langsung ngambil jatah cutiku di bulan juli. Aku nekat pergi ke cianjur meski blum tau t4nya. Gak papalah itung2 pengalaman.

11 juli pertama kali nginjekin kaki di cianjur, kesana langsung daftar dan ngisi formulir. Setelah ikut tes tertulis dan wawancara, Trus bulan depannya pengumuman sapa aja yang diterima. Ternyata Alhamdulillah namaku masuk dalam papan pengumuman dengan kata diterima. Setelah Ndenger itu, Dan selanjutnya aku nyusun kata2 pamitan sama atasan dan rekan kerja. Peeuuggghhh.. waktu itu bener2 dilema banget. Gmna gak??? Bayangin, ibarat dah 1,5 taun susah seneng bareng sama temen2 kerja, dan aku harus ngerelain mreka smua. Tapi aku berfikir kalau aku pergi gak selamanya kok, kalo ada waktu aku pasti main kesana. Mengenai kisah senang sedihku selama dijakarta, mungkin di entri yang lain aku tulis.
Mahasiswa budidaya perairan atas nama BUDI YANTO, NIM K4207031/ K4100711 sampai sekarang masih mengejar cita dan harapan tuk jadi sarjana sains terapan ( S. SPi). VEDCA CIANJUR yang bekerjasama dengan POLITENIK NEGERI JEMBER, smester 6 dah di usung smua ke jember yang tadinya belajar di VEDCA Cianjur.